UC Career Center

Career and Alumni Development
Wednesday, 17 Jul 2024

Baru Lulus Kuliah? Kamu Bakal Melewati 4 Fase Ini

Berita Jobseeker | 05 April 2024 00:00 wib Kalian baru saja menyelesaikan salah satu tahap dalam kehidupan sekalian ngasih banyak cobaan dan rintangan. ya, itulah dia wisuda. Momen wisuda bisa dikatakan lepas beban karena akhirnya bisa lepas dari sederet tugas kuliah yang kadang membebani. Tapi kalo kalian sadari, ini adalah sebuah gerbang awal kalian buat masuk ke “kehidupan sebenarnya”.

Kalian pernah ngebayangin  gak sih seperti apa kehidupan setelah wisuda. Apakah kehidupan setelah beres wisuda akan menyenangkan atau lebih berat? Itu semua tentang pilihan hidup kalian dan sebesar apa effort yang kalian lakukan untuk hidup menyenangkan.

Kalian siap gak sih hidup setelah wisuda? Yang dimana menjadi titik awal kalian ngerasain banyak hal dan bisa dibilang menjadi proses tahap “awal pendewasaan diri”, lengkap dengan hal-hal yang tidak menyenangkannya. Apa aja sih contohnya, tuh?

Ini dia sederet momen yang kalian bisa alami setelah beres wisuda.

1. Kamu jadi sadar bahwa wisuda bukan menjadi titik akhir kehidupan

Momen wisuda adalah momen yang ingin diburu-buru dan ditunggu-tunggu. Namun, setelah lulus kalian akan berpikir ingin kembali menempuh kehidupan perkuliahan karena tidak siap dengan realita kehidupan setelah wisuda.

Kalian juga pasti mengetahui bagaimana susahnya mencari kerja. Belum lagi persaingan tiap tahun semakin banyak. Apalagi kalau kalian kurangnya pengalaman saat kuliah. Maka dari kalian harus segera mungkin untuk mempersiapkannya.

2. Satu per satu “bestie” kalian mulai hilang

Dulu mungkin sehabis kelas, kalian sama bestie kalian suka nongkrong di kantin, safari kampus, atau ngerjain tugas bareng di kosan. Semua kenangan tinggal cerita dan tidak bisa terulang kembali. Saat ini kalian harus memiliki cerita bahagia setelah wisuda yang nantinya kalian bisa ceritakan kepada teman kalian.

Sudah saatnya kalian tidak bergantung kepada teman kalian. Saatnya kalian mengejar mimpi kalian untuk masa depan kalian. Jika kalian terus berputar pada arus yang sama kalian akan kehabisan waktu. Mungkin saja teman kalian sudah sukses tapi kalian masih mempersiapkannya. Kalian harus sama-sama mengejar impian.

3. Ngerasa insecure

Mulai siapkan mental kalian ketika ngebuka medsos, ada saja postingan teman kalian yang sudah di luar negeri untuk menempuh S2, ada juga  teman kalian posting anaknya karena sudah berkeluarga, dan ada juga temen kalian yang selfie di  perusahaan multinasional.

Ngeliat itu semua, kalian merasa insecure ke diri sendiri. mulai tidak percaya dan ragu atas kemampuan diri sendiri.

4. Berbagai macam penolakan berdatangan

Mungkin beberapa teman kalian ada yang beruntung bisa langsung dapat kerja setelah wisuda, tapi yang lainnya belum tentu juga semulus temen kalian yang bisa langsung dapet kerja.

Kalian akan merasakan (untuk sementara) predikat pengangguran di diri kalian. Pastinya  akan banyak timbul pertanyaan yang bisa jadi mengganggu psikis kalian dari tetangga atau keluarga besar.

Campur aduk banget, tapi itulah fakta kehidupan pasca kuliah. Ada “Horornya”, tapi sebenarnya di sisi lain bakal ada juga kok hal-hal yang bisa kita raih. Tenang pasti ada jalan kok Risers!

Nah, kalau begitu jika Risers Belum siap maka harus ada yang dipersiapkan. Mumpung belum lulus dan kalian belum ada di titik tersebut. Mungkin Minse mau kasih tips deh tips supaya sehabis wisuda gak bengong-bengong banget.

Berikut tips supaya abis wisuda tetap produktif meskipun nganggur!

1. Tetap belajar hal baru

Cari tau hal-hal yang kalian minati. gak apa-apa kalo kita masih bingung dengan minat yang kalian minati. Ini juga salah satu cara mengetahui kelebihan dan kelemahan kalian loh.

2. Nyari tempat Magang

Hal ini berguna untuk menambah pengalaman dan skill kalian sebelum terjun di dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu bisa mempercantik CV kalian untuk nilai plus dihadapan recruiter.

3. Ngikut pelatihan atau bootcamp

Meskipun sudah udah lulus, kalian harus tetap mengasah skills kalian baik itu softskill maupun hardskill. Ini juga bisa bagi yang merasa jurusan kuliah kalian tidak sesuai dengan apa yang diminati. Sekarang Kalian bisa switch career dan memperdalam ilmu melalui bootcamp.

Nah, itu dia pembahasan tentang kehidupan setelah wisuda dan tips menghadapi kehidupan beres wisuda supaya tetap produktif meskipun nganggur. Jangan lupa terus kembangkan kemampuan kalian, ya!

Dilihat 645 kali
Artikel Terkait
Link