UC Career Center

Career Center Universitas Ciputra
Friday, 30 Sep 2022

Bekerja di Perusahaan Agrobisnis Menjanjikan? Simak Peluang Karier PT Astra Agro

Berita Jobseeker | 10 Februari 2022 00:00 wib Berbicara mengenai pandemi Covid 19 tidak akan ada habisnya, terlebih keresahan masyarakat mengenai semakin sulitnya celah untuk mencari pekerjaan. Persaingan dengan manusia-manusia lain sekaligus adanya perkembangan alat-alat canggih berteknologi tinggi menyebabkan masyarakat era sekarang perlu berinovasi untuk bersaing di dunia yang sangat keras ini. Prediksi adanya kelaparan dan jumlah pengangguran yang semakin meningkat dimana telah dapat mulai dilihat sejak adanya pandemi memberikan keresahan tersendiri terutama bagi para freshgraduate. Banyaknya karyawan perusahaan yang mengalami PHK turut menjadi pesaing tambahan para mahasiswa yang baru lulus ini. Lantas, masih adakah perusahaan yang tetap sustain meskipun terombang-ambing pandemi seperti ini?

Jawabannya adalah tentu ada, perusahaan sustain tersebut salah satunya diduduki oleh jenis perusahaan agribisnis seperti PT Astra Agro Lestari yang mana saham terbesarnya dikiliki oleh PT Astra Internasional Tbk. “Perusahaan ini bergerak di bidang pertanian dengan kegiatannya yang fokus pada perkebunan dan agro industri dimana memiliki visi utama yaitu menjadi perusahaan agrobisnis yang paling produktif dan inovatif di dunia,” tegas Bapak Donni Helmi Widodo selaku Manager HC Development. Pria yang telah bergabung selama 12 tahun di perusahaan ini menjelaskan bahwa perusahan ini memiliki sejumlah 32.271 per Januari 2022 dimana olahan utamanya berupa tanaman sawit.

                “Lahan dari PT Astra Agro Lestari ini terhitung seluas 286,9 K ha dimana produksinya menyebar di seluruh Indonesia, sehingga perusahaan selalu merekrut karyawan dalam jumlah yang besar,” ujarnya. Disamping itu untuk menjaga kualitas dari produknya sendiri, perusahaan yang memiliki klien tersebar di seluruh Indonesia ini menerapkan world class operation yang ditunjang dengan menggunakan people strategy pula. Beliau menjelaskan bahwa people strategy yang dimaksud dalam kualifikasi perusahaan agrobisnis ini adalah capability development (stregthen core process capability through agro academy, stregthen partnership capability, stregthen innovation & digitalization capabilities, dan streghten research capabilities), leverage high performance organization (learn organization, data driven organization, dan individual performance award), serta stregthens supportive culture (discipline & safety culture, data orientation & innovation culture).

Penyampaian sistem strategi perusahaan agrobisnis PT Astra Agro Lestari Tbk oleh Manager HC Development, Bapak Donni.

    Dalam materi kali ini, beliau memberikan tips yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yaitu di sisi lowongan, dimana beliau menjelaskan bahwa terdapat pembagian kerja mulai dari tanaman, teknik, pabrik, administrasi dimana didalamnya termuat pekerja, supervisi, dan staff. Diantara karyawan-karyawan tersebut memiliki jobdes yang berbeda mulai dari sertifikasi, training & development, maupun brevet. “Knowledge, softskill, serta attitude menjadi modal utama yang harus diperhatikan semua pekerja di PT Astra Agro Lestari Tbk sebab jenis pekerjaan yang dapat dikatakan berat karena memiliki keterkaitan langsung dengan perkebunan sawit yang jauh dari perkotaan,” terang Pak Donni. 


Penyerahan sertifikat simbolis secara online oleh Ibu Ovin Yanani kepada Bapak Donni Helmi Widodo 

    Beliau pun turut menjelaskan mengenai tahap panjang yang akan dilalui oleh para pekerja mulai dari seleksi berkas hingga interview dimana pengumuman belum menjadi tombak akhir dari perjuangan. Disini, para karyawan baru akan menjalani beberapa tahapan orientasi mulai dari brevet dasar, orientasi project & lapangan, pembinaan mental dan fisik (bintalsik), New Employee Orientation Program (NEOP), serta On The Job Training (OJT). Proses yang cukup panjang ini diharapkan mampu membantu para karyawan untuk memiliki bekal yang sangat cukup dalam bekerja. Acara semakin meriah dengan disambutnya sesi QnA oleh para mahasiswa dimana dibarengi dengan adanya dua pembicara lain dari PT Astra Agro Lestari Tbk yaitu Bapak Duta Wicaksono dan Ibu Indira. “Jangan pernah menyerah dan lakukan yang terbaik dalam setiap hal yang kalian ambil,” tegas Bapak Donni di akhir presentasinya. Dengan hal tersebut, acara ditutup dengan permainan quiz Kahoot mengenai PT Astra Agro Lestari dan penyerahan sertifikat secara simbolis sebagai bentuk terimakasih dan ditutupnya acara Career Talk mingguan yang dilakukan oleh Networking and Partnership (NNP) UC. 


Dilihat 84 kali
Link