UC Career Center

Career Center Universitas Ciputra
Friday, 30 Sep 2022

Bekerja Sesuai Passion, Kenapa Tidak? : Bincang Karier Bersama PT Sinarmas Agrib

Berita Jobseeker | 11 Maret 2022 00:00 wib Sadarkah kalian bahwa kehidupan manusia tidak lepas dari tanaman sawit? Pasti mayoritas masyarakat hanya terfokus pada minyak goreng saja terlebih menjadi booming di beberapa akhir pekan terkini karena melonjaknya harga. Namun kenyataannya, sawit tidak hanya dapat ditemukan pada minyak goreng saja melainkan pada hampir seluruh peralatan yang menemani kita sejak bangun tidur hingga terlelap kembali. Mulai dari pasta gigi, shampo, detergen pakaian, sabun mandi, serat pakaian, skincare, margarin, mayonaise, dan bahan-bahan makanan lainnya. Keseluruhan peralatan tersebut disusun berdasarkan anak turunan dari zat yang terkandung dalam kelapa sawit. Maka sangat menjanjikan ketika bisnis yang tergolong dalam jenis agribisnis ini dikembangkan. Hal tersebut dapat kita amati langsung pada PT Sinarmas yang bergerak di bidang sawit. Lantas bagaimanakah kehidupan karier di perusahaan mahsyur yang berpusat di Jakarta ini?

Tepat pada 25 Februari 2022, UC NNP menghadirkan perusahaan agribisnis dan makanan yang mahsyur di Indonesia dimana telah menghasilkan produk-produk ternama dan beragam yang tentunya dicintai keluarga Indonesia pada event UC Career Talk. “Meskipun kami memiliki motto creating world class entrepreneur, maka tidak berarti pula kami tidak bisa menjadi intrapreneur. Sebab entrepreneur yang sukses juga berawal dari intrapreneur yang bertekad dan berusaha kuat,” ujar Ibu Suryani Halim dalam menjelaskan tujuan acara ini. Untuk ke sekian kalinya, perusahaan ternama merasa sangat tersanjung ketika memperoleh undangan dari Universitas Ciputra yang notabene adalah salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia.

                “Kali ini saya sangat senang dapat berkumpul dengan teman-teman dari Universitas Ciputra yang tentunya telah memiliki bekal manajemen yang baik meskipun berasal dari berbagai jurusan,” tegas Jimmy Setiawan selaku HR dari PT Sinarmas pusat Jakarta. Disini beliau menjelaskan bahwa perusahaan yang telah berusia kurang lebih 58 tahun ini menjadi salah satu bisnis yang paling sustain dan menjadi penyelamat di masa depan. Bagaimana bisa? Sebab diprediksi pada tahun 2050 nanti terdapat ribuan masyaraka dunia yang mengalami kelaparan karena berkurangnya cadangan makanan. Namun hal tersebut ternyata dapat teratasi dan jawabannya adalah pada PT Sinarmas.


Prosesi penjelasan peluang kerja di PT Sinarmas oleh Bapak Jimmy Setiawan selaku HR Pusat

                PT Sinarmas dikatakan mampu menjadi bisnis yang sustain hingga masa mendatang dikarenakan adanya pengelolaan food security, environmental sustainibility, dan economic changes yang diatasi dengan sangat baik. Hampir seluruh proses produksi dari sawit dapat dimaksimalkan menjadi produk yang memiliki nilai lebih. Hal tersebut ditunjukkan dengan data yang menunjukkan bahwa keseluruhan produk yang tersebar di pasar maupun supermarket, 80% nya merupakan barang yang terbuat dari pengolahan sawit. Hal ini kemudian diperkuat dengan luasnya lahan sawit yang membentang dari Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Akibatnya, PT Sinarmas memili customer yang tidak hanya tersebar di Indonesia, melainkan hingga ke mancanegara.



Sesi QnA antara Ibu Suryani Halim, Pak Jimmy, dan Ibu Mitha mengenai program magang bagi mahasiswa di PT Sinarmas

                Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prospek karier pada perusahaan ini sangatlah besar dan tentunya beragam. “Perlu diperhatikan sebelum mendaftar kerja adalah keinginan teman-teman dalam bekerja, akankan menjadi generalist ataukah specialist yang mana keduanya memiliki konsentrasi serta konsekuensi kerja yang berbeda,” ujar Pak Jimmy. Pada perusahaan ini tercatat terdapa 13 jenis vacancies dan 7 MT programmes, hal tersebut masih ditambah pula dengan adanya berbagai program lain yang menunjang keterampilan mahasiswa dengan adanya training bootcamp maupun aktivitas magang.

                “Yang terpenting adalah melakukan kerja keras, tidak perlu takut, fokus pada keahlian, dan meningat seluruh perjalanan dan menjadikannya pelajaran,” nasihat sang HR PT Sinarmas ini. Beliau juga menegaskan bahwa adanya prediksi pengangguran sejumlah 6,88 juta per tahun sesuai dengan data BPS sepatutnya menjadi reminder bagi mahasiswa untuk selalu berusaha melakukan personal branding dan mempersiapkan CV secara matang sebelum mendaftar kerja. Dengan demikian acara ditutup dengan sesi QnA yang cukup padat dengan dimoderatori oleh Ibu Suryani Halim, selaku Head of NNP sendiri. Acara tepat selesai pada pukul 15.30 WIB seelah dilakukannya penyerahan sertifikat pembicara secara simbolik dan foto bersama yang dipandu oleh Ibu Ovin Yanani, selaku penanggungjawab dari program UC Career Talk ini.

Penulis : Kirana Ratu Sekar Kedaton (COM 2020)


Dilihat 108 kali
Link