UC Career Center

Career Center Universitas Ciputra
Thursday, 23 Mar 2023

Workshop Professional Development Program: Making an Outstanding Resume

Pelatihan Softskill | 21 Oktober 2022 14:00 wib Di tanggal 20 Oktober 2022 yang lalu, UC NNP melaksanakan webinar yang dapat membantu mahasiswa belajar skill penting untuk mencari pekerjaan impian mereka melalui Workshop Professional Development. UC NNP memberikan kesempatan bagi mahasiswa UC untuk belajar cara membuat CV yang baik agar dapat digunakan nanti di dunia kerja. Pengetahuan yang berguna ini disampaikan oleh Human Capital dari PT. Astra International Tbk, pak Joviando Louis.

Ketika ingin melamar ke sebuah pekerjaan, satu hal yang paling penting dan wajib dilampirkan adalah CV atau curriculum vitae. CV yang kamu lampirkan berisi semua hal yang dapat membuat kamu unik kepada perusahaan impian kamu, seperti identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pelatihan yang telah kamu jalani dan lainnya. Jika perusahaan tertarik dengan CV kamu maka kamu dapat lanjut ke tahap rekrutmen selanjutnya, seperti wawancara dan psikotes. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang membuat CV menarik dan unik. Kita dapat belajar cara membuat CV yang bagus dari pak Joviando Louis, selaku Human Capital Development Organization Development Analyst dari PT. Astra International Tbk.

Pak Joviando Louis menjelaskan bahwa akan terjadi global shortage of labor atau kekurangan tenaga kerja global di pasar kerja. Fenomena ini akan terjadi di 20 negara besar dunia hingga tahun 2030. Hal ini diakibatkan oleh berbagai hal namun yang paling utama adalah kemajuan teknologi. Penggunaan teknologi dalam dunia kerja akan semakin banyak dan CV yang digunakan oleh calon karyawan juga harus beradaptasi pada keinginan perusahaan. Untungnya bagi kita, banyak website yang dapat membantu kita membuat CV menarik di masa sekarang, salah satunya berupa Canva. Pak Joviando Louis mengatakan bahwa Canva sangat berguna dan juga bahwa banyak pelamar kerja yang dia lihat sudah menggunakan Canva.

Setelah menjelaskan apa saja yang membuat sebuah CV menjadi CV yang baik, pak Joviando Louis membantu tiga mahasiswa UC dalam menilai dan memberikan saran pada CV yang mereka miliki. Selanjutnya, acara maju ke sesi yang paling disenangi mahasiswa, yaitu sesi QnA yang dipandu oleh bu Ovin Dwi Yanani. Sesi QnA penuh dengan mahasiswa-mahasiswi yang aktif bertanya, baik melalui chat Zoom maupun secara langsung bertanya ke pak Joviando Louis. Acara kemudian diakhiri dengan pengucapan terima kasih dan pemberian sertifikat online pada pak Joviando Louis dari bu Ovin Dwi Yanani.


Dilihat 129 kali
Artikel Terkait
Link